Wednesday 25 November 2015

Wordpress.com rombak total pakai nodejs


Rombakan besar-besar digulirkan oleh Automattic, perusahaan pengembang di balik layanan blogging populer, WordPress.com. Mengusung codename Calypso, Automattic merilis WordPress.com versi baru yang sepenuhnya berbeda.

Perubahan pertama yang cukup mengejutkan adalah penggunaan JavaScript dan API oleh WordPress.com dari sebelumnya berbasiskan PHP dan MySQL. Dengan begitu kini interface dari WordPress.com akan sepenuhnya berbeda dari apa yang kita sering jumpai sebelumnya. Script akan berkomunikasi ke inti dari WordPress menggunakan REST API, mulai dari mengambil konten, mengunggah foto dan mempublikasikan konten baru layaknya aplikasi client namun dalam wujud WordPress.

Basis kode baru ini menghantarkan pengalaman penggunaan yang sudah barang tentu berbeda. Calypso menerapkan apa yang disebut dengan Single Page Application yang berperan besar menghadirkan kemampuan responsif di segala element, menghilangkan loading halaman ketika pengguna berinteraksi dengan interface. Cara baru ini tidak hanya dapat dinikmati dari desktop, tapi juga tablet dan smartphone.

Berikutnya, WordPrss.com kini menjelma menjadi aplikasi open source di GitHub. Artinya, kini Anda yang paham coding akan disambut dengan tangan terbuka untuk mengakses kode, memodifikasi, dan menggunakannya kembali selama masih dengan lisensi GNU General Public 2.0.

Dan yang tak kalah menggembirakan, Automattic juga menghadirkan aplikasi desktop untuk perangkat berbasis Mac. Sayang redaksi belum bisa bercerita lebih banyak perihal wujud dalaman aplikasi desktop ini. Sementara bagi pengguna Windows dan Linux masih harus bersabar menunggu giliran.

Lalu bagaimana dengan pengelola blog self-hosted WordPress? Menurut penjelasan Automattic, pengguna WordPress bisa mulai beralih menggunakan Calypso dengan cara memasang plugin JetPack dan menghubungkan blog ke akun WordPress.com.

Sumber: Dailysocial

No comments:

Post a Comment