Friday 4 December 2015

Yahoo Messenger saingi WhatsApp


Tenggelam di tengah kepopuleran WhatsApp, Line, BlackBerry Messenger dan layanan sejenis lainnya, Yahoo Messenger coba menerobos tangga popularitas dengan memberi sentuhan baru di aplikasi pesan instannya.

Senior Director Product Management Yahoo Austin Shoemaker mengklaim, Yahoo Messenger kali ini memberikan kemudahan dan pengalaman baru dalam berkomunikasi via messenger.

Dikatakannya, memang sudah saatnya mendesain ulang Yahoo Messenger yang menjadi salah satu produk utama mereka. Lebih jauh lagi, Yahoo ingin membuat Yahoo Messenger terintegrasi dengan semua layanannya.

"Kami sangat bersemangat dengan roadmap Yahoo Messenger. Anda akan melihat jenis konten baru, jenis interaksi baru di antara pengguna dan integrasi messaging dengan produk Yahoo lainnya. Menciptakan ekosistem messaging di dalam Yahoo," kata Austin dalam conference call dengan sejumlah media se-Asia Tenggara.

Yahoo Messenger terbaru sudah dirilis secara global untuk perangkat iOS, Android, dan Yahoo Messenger di Yahoo Mail versi desktop. Berikut adalah sejumlah highlight update ini.

Berbagi foto dengan cepat dan mudah

Pengguna bisa mengirim foto dalam jumlah banyak secara instant, bahkan hingga ratusan. Selain pengiriman foto dari library atau camera roll di smartphone, foto-foto yang dikirimkan juga bisa diambil dari Flickr.

Karena terintegrasi, pengguna bisa langsung memilih foto yang akan dikirim dari Flickr tanpa sign in terlebih dahulu. Yang menarik, foto-foto yang dibagikan akan ditampilkan dalam sebuah photo drawer yang di-swipe secara horizontal, sehingga pengguna tak perlu repot melakukan scroll ke atas atau bawah untuk melihat konteks percakapan.

Berbagi Animasi GIF

Hal menarik lain yang ditawarkan Yahoo Messenger baru adalah fitur mencari dan berbagi animasi GIF dari Tumblr sebagai sumbernya. Ketika mengobrol dan ingin memberikan respons lebih ekspresif dari sekedar gambar, terdapat tombol GIF dan pengguna tinggal mengetikkan keyword GIF yang diinginkan di kotak pencarian.

"Tumblr merupakan sumber andalan untuk mendapatkan animasi GIF di internet. Kami mengintegrasikannya dengan Yahoo Messenger sehingga pengguna bisa langsung mencari dan mengirimkannya ke teman chat," kata Austin.

Membatalkan pesan, foto, dan GIF

Salah kirim bisa saja terjadi ketika sedang chat. Untuk menghindari kejadian memalukan seperti ini, Yahoo Messenger menyediakan fitur 'Unsend'. Cukup dengan menyentuh sebuah pesan, foto, atau GIF dan pilih 'Unsend' untuk membuangnya dari sebuah percakapan.

"Ini berlaku tak hanya di ponsel Anda, tetapi juga pada perangkat si penerima sehingga pesan, foto dan GIF tersebut benar-benar tidak akan pernah terlihat oleh si penerima ketika kita sudah menekan Unsend," terang Austin.

'Like' foto orang lain

Seringkali kita dikirimi foto oleh teman chat, dan kita menyukainya. Nah, Yahoo Messenger baru mengadopsi 'like' seperti di jejaring sosial berbagi foto. Jadi, ketimbang mengetikkan komentar, ekspresi rasa suka bisa dilakukan hanya dengan menandai 'like' langsung pada foto tersebut.

Kenyamanan Account Key

Pengguna Yahoo Messenger di desktop (baik web atau Yahoo Mail versi desktop) dapat menikmati fitur Account Key, yang menggunakan push notifications untuk memberikan akses cepat dan aman ke akun dari aplikasi mobile Yahoo Messenger. Dengan demikian, pengguna tak perlu repot menghafal password yang ribet dan melalui proses sign-in semudah menyentuh sebuah tombol.


Sumber : Detik

No comments:

Post a Comment